Ketum PRD : Bangun Tatanan Baru, Indonesia Adil Makmur


SK.id – Situasi pandemi sekarang ini telah mempengaruhi situasi ekonomi global. banyak negara menjadikan momentum ini untuk lebih melakukan proteksi dalam negeri masing-masing. Indonesia harusnya juga spserti itu, menjadikan momentum sekarang untuk kembali pada ruh sejati bangsa Indonesia, terutama dalam pengelolaan ekonomi.

Hal itu disampaikan oleh ketua umum PRD, Agus “Jabo” Priyono melalui video yang diunggah pada kanal youtube.

Jabo, demikian pria ini biasa dipanggil, memaparkan bahwa sejak memasuki tahun 2019 sebelum Pandemi, wajah dunia terlihat murung, ekonomi melambat, kesenjangan melebar. Sedangkan perlawanan rakyat menuntut kesejahteraan terjadi di hampir 24 negara.

“Akibat Pandemi Covid19 kemurungan semakin dalam, selain menghadapi masalah  kesehatan, umat manusia juga menghadapi dampak sosial ekonomi yang sangat mengkhawatirkan. Roda ekonomi berhenti, banyak buruh kehilangan pekerjaannya” paparnya.

Baca Juga :  Airlangga : Stok Beras Aman Menjelang Lebaran

Lebih lanjut Agus Jabo, pandemi telah membuka topeng besi keburukan sistem liberal kapitalistik. Kapitalisme terbukti tidak sanggup menolong dirinya dari krisis. Banyak negara menahan eksport, terutama bahan pangan, semua berkonsentrasi mengamankan kebutuhan dalam negeri masing masing.

” Untuk itu, kita tidak bisa terus menerus menggantungkan hidup bangsa kita kepada negara lain. Kita harus berani banting stir, tinggalkan konsep lama, bangun konsep baru, tatanan baru” serunya.

Tatanan baru itu, tambahnya, untuk membangun bangsa yang mandiri dan berdaulat, tatanan yg menjunjung tinggi kemanusiaan yg adil dan beradab, dengan menjadikan masyarakat sebagai tulang punggung ekonomi, dengan menjalankan Pasal 33 UUD 1945 secara konsisten.

Baca Juga :  Lagi, OTT KPK di Jakarta, Ada Manis-manisnya

“Membangun industri nasional, kembali ke daulat pangan, pertanian, perikanan, peternakan, memperkuat serta memperluas UKM & koperasi” terang Agus Jabo.

Tak lupa ia mengingatkan bahwa anggaran penanggulangan dampak Covid 19 selain untuk dana kesehatan masyarakat, harus diprioritaskan utk industri nasional, pertanian dan UKM.***

Tulis Komentar Anda

Tulis #komentarcerdas Anda

Alamat email tidak akan dipublikasikan. Biasakan berkomentar secara bijak #koemntarcerdas #komentarbijak


*